PEMBERDAYAAN WIRAUSAHA BARU UNTUK PARA SANTRI BERBASIS POTENSI BAWAAN

BERBAGAI PENDEKATAN PEMBERDAYAAN WIRAUSAHA

Ada beragam pendekatan pemberdayaan wirausaha baru khususnya untuk para santri.

Ada pendekatan pemberdayaan  wirausaha yang berbasis sumber daya alam (SDA); artinya wirausaha dikembangkan dengan cara mengolah dan atau menjual hasil dari SDA di sekitar dimana pondok pesantren berada.

Pendekatan yang umum dipakai adalah wirausaha berbasis peluang; artinya ide usaha dieksplorasi atau bersumber dari peluang usaha yang tengah berkembang.

Adapun pendekatan kami adalah menggunakan pendekatan potensi diri atau bakat sebagai sumber ide karya atau ide usaha. Pendekatan ini kami beri nama “potensipreneur.”

PENDEKATAN PEMBERDAYAAN WIRAUSAHA BERBASIS POTENSI DIRI

Ada banyak sekali hasil penelitian, pendapat pakar, dan tutur pengalaman dari banyak orang bahwa ketika pekerjaan atau usaha yang digeluti seseorang merupakan ekspresi potensi diri (baca: bakat), maka secara otomatis akan muncul unsur-unsur kesuksesan di diri orang tersebut. Unsur-unsur kesuksesan tersebut misalnya kreativitas, ketekunan, motivasi tinggi yang konsisten, produktif, optimisme, percaya diri, rasa sukses, kepuasan kerja, dan rasa bahagia. 

Jadi keberhasilan pemberdayaan wirausaha baru pada umumnya dan para santri pada khususnya sebenarnya tergantung dua hal, yag pertama para santri dapat mengenali apa potensi diri atau bakatnya, dan yang kedua adalah adanya supporting system agar para santri dapat mengekspresikan bakatnya masing-masing. 

Selain itu, ada sisi yang sangat penting adalah bahwa “potensipreneur” dapat dilakukan oleh para santri dari berbagai kelompok usia dan dari berbagai jenjang pendidikan; semua bisa mengikuti program pemberdayaan tersebut. Oleh karena mengekspresikan bakat tidak peduli pada usia berapa pun dan tidak peduli lulusan apa.

NAMA PROGRAM

Dari semua uraian sebelumnya, maka disusunlah program

Pemberdayaan wirausaha baru untuk para santri BERBASIS POTENSI BAWAAN

  1. TUJUAN

Adapun tujuan program tersebut adalah

  1. Mengenali peta potensi bawaan para santri dalam hal :
  • Potensi gaya belajar
  • Potensi “mindset”
  • Potensi “sumber motivasi”
  • Potensi dominasi kerja otak
  • Potensi gaya kerja (kepemimpinan, manajarial, operasional, komunikasi, adaptasi)
  • Potensi bakat dan ide-ide karya atau ide-ide usaha yang bersumber dari bakat
  1. Para santri benar-benar dapat menghasilkan beragam karya sesuai dengan bakat masing-masing individu.
  1. Karya-karya tersebut nantinya dapat menjadi produk komersial..
  1. Terbentuknya Usaha Kelompok Santri (UKS), yakni kelompok-kelompok santri yang memiliki jenis karya, jenis produk, dan demikian jenis usaha yang sama. Nantinya ada beragam UKS tersebut.
  1. Selain itu, dalam program ini juga dikenali potensi gaya belajar yang dapat membantu para santri untuk lebih efektif dan efisien dalam proses belajar di pondok pesantren.
  1. Potensi lain yang juga dapat dikenali adalah “sumber motivasi”, dengan mengenali potensi ini para santri dapat mengelola dirinya bagaimana agar bisa konsisten memiliki motivasi yang tinggi baik dalam proses belajar maupun dalam proses mengembangkan dirinya dengan berwirausaha berbasis bakat.

YANG KAMI TAWARKAN

Yang kami tawarkan adalah :

  1. Program aplikasi komputer (software) untuk melakukan tes mengenali bakat bawaan yang diinstall di komputer/laptop ponpes.
  1. Sistem / panduan Pemberdayaan Wirausaha Baru untuk Para Santri Berbasis Potensi Diri.
  1. Pelatihan tim pengelola yang akan menjalankan butir 1 dan 2. Disini ponpes menunjuk para santri dan atau pengurus ponpes untuk menjadi tiga tim, yakni :

a. Tim Pemetaan Bakat dan Klaster Ide Karya

  • Dapat memproses tes bakat dengan software dari kami
  • Dapat memberikan arahan/konsultasi terhadap hasil tes bakat
  • Dapat membuat kelompok-kelompok bakat
  • Dapat membuat kelompok-kelompok ide karya

b. Tim Diklat Proses Kreasi/Berkarya:

  • Dapat mengelola aktivitas para santri di setiap klaster (kelompok) bakat atau ide karya.

c. Tim Komersialisasi :

  • Dapat membantu mengelola UKS (Usaha Kelompok Santri)

INFORMASI LEBIH LANJUT

Untuk informasi detail, hubungi kami. Kami siap mengirimkan proposal detail, dan kami juga bersedia untuk melakukan presentasi.